Sehat Mana, Makanan Mentah Atau Matang

Sehat Mana, Makanan Mentah Atau Matang
Sehat Mana, Makanan Mentah Atau Matang

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Apakah Anda sering melihat orang-orang yang suka mengkonsumsi makanan seperti sayuran dalam keadaan mentah? Mungkin alasan mereka sedang menjalankan program diet.

Memang di negara di jepang makanan mentah sudah biasa, namun beda halnya bagi sebagian orang Indonesia yang masih menganggapnya aneh.

Namun yang harus Anda ingat adalah ada beberapa makanan yang sehat tanpa harus dimasak lebih dulu dan ada juga makanan yang harus dimasak. Nah, agar Anda tidak bingung, langsung saja simak berikut ini;

Bawang Merah

Bawang merah tidak perlu dimasak terlalu lama, karena bahan yang satu ini bisa langsung di makan kok. Kandungan fitonutrien allicin nya bermanfaat untuk penurun nafsu makan. Selain itu, kandungan flavonoid berfungsi sebagai anti-inflamasi. Memasak bawang merah dalam waktu lama hanya membuang lebih banyak flavonoidnya.

Brokoli

Sayur-sayuran seperti brokoli, kubis, dan lain sebagainya sejenis Brassica bisa dimakan mentah atau dimasak. Jika sayuran ini dimasak terlalu lama hanya membuang enzim myrosinase nya.Enzim tirosinase yang sebenarnya diperlukan untuk mengeluarkan racun-racun penyebab kanker atau karsinogen.

Tomat

Tomat lebih baik dimasak sebelum Anda mengkonsumsinya. Meski banyak orang yang makan dalam keadaan mentah, tetapi kandungan lycopene nya akan bertambah jika terkena suhu panas. Lycopene bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kanker.

Wortel

Wortel lebih baik dimakan mentah dibanding memasaknya. Jika ingin memasaknya, sebaiknya satu menit saja. Karena terlalu lama memasaknya dapat membuang kandungan polifenol dan vitamin C nya.