Tanda-tanda Seseorang Kekurangan Vitamin A

Tanda-tanda Seseorang Kekurangan Vitamin A
Tanda-tanda Seseorang Kekurangan Vitamin A

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Tubuh manusia harus mempunyai asupan vitamin setiap harinya agar tetap fit dan sehat, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sistem reproduksi dengan baik, terutama pada wanita.

Selain itu, bisa meningkatkan kinerja organ agar berfungsi dengan baik. Seperti paru-paru, ginjal, dan juga jantung. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin A, maka tubuh akan mudah terkena penyakit. Namun, karena kurangnya pengetahuan sehingga mereka tidak sadar bahwa ternyata kekurangan vitamin A yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, langsung saja Anda simak berikut ini tanda-tanda seseorang kekurangan vitamin A:

Masalah Mata

Kekurangan vitamin A bisa membuat seseorang mengalami kebutaan di malam hari. Vitamin A sangat berpengaruh pada Rhodopsin yang mengatur tingkat cahaya mata. Mata tidak bisa berfungsi dengan baik, bahkan bisa membuat kornea menjadi kering, keriput dan berpigmen.

Masalah Kulit

Kulit juga akan kering dan bersisik jika kekurangan vitamin A. Selain itu, bisa menyebabkan jerawat yang timbul di berbagai bagian tubuh.

Masalah Pernapasan

Tenggorokan atau hidung terasa kering dan kasar, itu berarti Anda kekurangan vitamin A. Karena kurang vitamin A juga dapat membuat sistem pernapasan cenderung terkena infeksi bakteri.

Masalah Sistem Reproduksi

Kekurangan asupan vitamin A dapat disertai dengan masalah pada sistem reproduksi, terutama pada wanita. Tanda-tanda yang muncul adalah penyakit vaginitis, keratinizing metaplasia pada pelvis ginjal, rahim kandung kemih, dan lain sebagianya. Bahkan, bisa membuat wanita mengalami kemandulan.