Tips Aman Saat Berolahraga

Tips Aman Saat Berolahraga
Tips Aman Saat Berolahraga

INFORMASI-KESEHATAN.NET – Jika Anda ingin menjaga postur tubuh tetap ideal, tentu saja harus melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. Namun melakukan olahraga haruslah teliti, karena biasanya ada shock terapi yang akan dialami. Penyebab seperti ini adalah hal yang wajar.

Otot terasa kram dan nyeri setelah melakukan olahraga. Nah, untuk mengatasi hal seperti ini langsung saja Anda simak berikut ini:

Pemanasan

Anda harus melakukan pemanasan lebih dulu sebelum berolahraga. Misalnya gerakan ringan agar tubuh bisa tetap maksimal saat melakukan gerakan cepat dan berat. Bahkan, menghindari terjadinya kram dan cedera.

Lakukan warm up cool down selama 10 menit agar aliran darah menjadi lancar, meregangkan otot, dan pernapasan lebih cepat, sehingga bisa membantu Anda saat melakukan gerakan selanjutnya.

Peregangan

Peregangan juga sangat penting karena untuk berpindah dari gerakans satu ke gerakan lainnya. Peregangan dibutuhkan agar tubuh tetap fleksibilitas. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengatur nafas agar otot tubuh tetap rileks meskipun sudah bekerja keras.

Minum

Minum air tujuannya untuk menghindari dehidrasi. Tubuh akan kehilangan banyak cairan karena berkeringat saat membakar kalori. Jadi Anda perlu minum air yang banyak untuk menurunkan suhu tubuh.