Tips Diet Bagi Yang Darah Tinggi

Tips Diet Bagi Yang Darah TinggiPenyakit darah tinggi merupakan jenis penyakit yang kini banyak diderita oleh masyarakat modern.

Pola hidup dan pola makan yang tidak sehat merupakan penyebab utama seseorang terserang penyakit darah tinggi.

Penyakit ini memiliki efek jangka panjang dan mempercepat terjadinya penumpukan lemak didalam pembuluh darah.

Kondisi tersebut kalau dibiarkan terus-menerus maka akan menyebabkan serangan jantung, penyakit jantung, stroke dan juga sakit ginjal.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi disebabkan adanya kenaikan tekanan sistolik karena pembuluh darah tidak elastis serta terjadinya kenaikan tekanan diastolik akibat adanya penyempitan pada pembuluh darah tersebut.

Banyak cara dilakukan untuk menurunkan kembali tekanan darah kembali ke batas normal. Misalnya dengan melakukan pembatasan jumlah pemberian cairan atau air minum kepada penderita hipertensi. Namun ternyata cara ini tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap penurunan tekanan darah.

Selain itu, penderita juga kerap disarankan untuk melakukan diet rendah garam. Namun demikian, ternyata banyak pakar medis yang belum terlalu yakin bahwa diet rendah garam bisa menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi turun.

Terlebih jika kandungan natrium dalam diet penderita diatas 250 gram/hari. Maka, untuk menyukseskan diet rendah garam dalam menurunkan tekanan darah, Anda harus memerhatikan kandungan natrium dalam diet berkisar antara 200-250 mg/hari.

Diet garam dengan kadar natrium sekitar 200 mg harus dilakukan secara simultan atau berkepanjangan. Selain itu, untuk lebih memaksimalkan hasil diet, langkah perpaduan juga patut dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan medis.

Berikut merupakan ulasan mengenai diet bagi penderita hipertensi yang berkaitan dengan makanan apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, makanan apa saja yang harus dikurangi, dan makanan apa saja yang mesti dihindari untuk menurunkan kadar darah tinggi seseorang.
Makanan untuk Penderita Hipertensi

Adapun beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi ialah sebagai berikut:

Sayuran dan buah-buahan
Mengapa demikian? Keduanya banyak mengandung serat dan vitamin yang sangat lengkap, terutama vitamin C yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin bukan hanya bisa menurunkan kadar tekanan darah tinggi Anda, namun juga banyak manfaat lainnya seperti mencukupi kebutuhan serat tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lainnya.
Konsumsi Serelia
Serelia berfungsi dalam menyerap lemak dan memiliki kandungan serat yang membantu dalam proses pencernaan makanan.

Batasi Makanan Tertentu

Adapun makanan yang harus dikurangi oleh penderita hipertensi tanpa menghilangkannya sama sekali ialah:

Jenis-jenis makanan kaleng ataupun makanan yang telah melalui proses pembuatan dengan menggunakan garam dengan kadar tinggi.
Makanan berlemak.
Minuman yang mengandung alkohol.
Jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak seperti ikan salmon, makerel, dan juga sarden.

Hindari Makanan ini

Untuk makanan yang wajib Anda hindari dalam rangka mengurangi tekanan darah tinggi ialah sebagai berikut:

Berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan garam tinggi.
Alkohol dan rokok.

Sesungguhnya tekanan darah tinggi sangat erat kaitannya dengan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Faktor makanan memiliki peranan yang sangat signifikan dalam memperparah maupun mengurangi tekanan darah tinggi.

Oleh sebab itu, Anda patut memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Apakah sudah sesuai paling tidak dengan anjuran makanan yang boleh dikonsumsi sebagaimana telah diutarakan di atas atau sebaliknya makanan yang Anda konsumsi justru merupakan jenis makanan yang dipantang atau dilarang bagi penderita hipertensi.

Kesehatan Anda merupakan tanggung jawab Anda sendiri. Kalau Anda memperhatikan asupan makanan apa saja yang diperbolehkan, dilarang, dan dikurangi dalam kehidupan sehari-hari berarti Anda mencintai tubuh sendiri.Jika diet tidak dijalankan sebagaimana yang disarankan di atas, maka bersiaplah dirongrong dan digerogoti oleh banyak penyakit, termasuk hipertensi.