Tips Sehat Di Musim Pancaroba

Tips Sehat Di Musim PancarobaINFORMASI-KESEHATAN.NET – Musim pancaroba, merupakan cuaca yang tidak menentu, sebentar panas sebentar hujan. Cuaca seperti inilah yang membuat seseorang mudah terkena penyakit. Penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak ataupun dewasa. Saat anak-anak terkena penyakit, biasanya mereka akan lebih rewel sehingga membuat Ibunya menjadi pusing.

Cuaca yang tidak menentu seperti ini, menuntut kita untuk lebih ekstra menjaga kesehatan tubuh. Bahkan beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa untuk mencegah datangnya penyakit di musim pancaroba kita diharuskan meningkatkan daya tahan tubuh.

Intinya kita harus bisa menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karena ada ratusan ribu virus di sekitar kita yang bisa saja menyerang kita. Untuk terhindar dari virus ini, maka kita harus pandai dalam menjaga kesehatan. Karena saat tubuh tidak fit virus bisa masuk dengan cepat sehingga membuat kita menjadi sakit. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.

Agar kondisi tubuh Anda tetap fit, berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan:

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Selain itu, Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat.

Setelah melakukan aktivitas seharian tentu badan akan terasa lelah, tidur yang cukup bisa menjadi solusi untuk memulihkan stamina Anda. Hindari kebiasaan buruk seperti begadang.

Bahkan beberapa dokter mengatakan bahwa tidur yang cukup itu sendiri bukan hanya mengenai lamanya tapi kualitas. Tidur yang berkualitas disini maksudnya dengan bermimpi atau saat Anda bangun tidur badan akan terasa segar.

Mengkonsumsi Makan Bergizi

Saat Anda mengkonsumsi makanan, jangan hanya terfokus untuk kenyang tetapi haruslah makanan berprotein tinggi. Agar kondisi tubuh tetap fit, konsumsilah telur setiap hari. Telur mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, Anda juga memerlukan asupan gizi lainnya seperti yang terdapat pada sayur dan buah. Jadi, usahakan sayur dan buah menjadi menu harian Anda.

Menggerakkan Badan

Biasanya orang yang lebih mudah terserang penyakit adalah orang yang sedikit bergerak, memiliki pola makan yang tidak teratur, dan sering begadang. Menurut dokter, orang akan mudah terkena penyakit jika hanya duduk berlama-lama didepan komputer, ditambah di ruang yang ber-AC.